Berita Desa

Perbekel Serahkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani

24 Agustus 2022
Administrator
Dibaca 322 Kali
Perbekel Serahkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani

Bertempat di Balai Masyarakat Desa Sarimekar, pada hari Rabu, 24 Agustus 2022. Perbekel Sarimekar, Ketut Reka Budiarta menyerahkan secara simbolis bantuan alat produksi pertanian berupa Traktor sebanyak 6 unit kepada Kelompok Tani/Subak di Desa Sarimekar. Pada kesempatan sebelumnya juga telah diserahkan bantuan ternak sapi sebanyak 8 ekor kepada kelompok ternak. 

Bantuan ini merupakan program prioritas yang dianggarkan dalam APB Desa Tahun Anggaran 2022 yang bersumber dari Dana Desa. Program ketahanan pangan nabati dan hewani merupakan salah satu program prioritas nasional.

Sebagaimana telah diatur dalam Permendes 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang penggunaannya diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa. Salah satunya melalui program penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan (Permendes 7 Tahun 2021, pasal 6 ayat (2) huruf c).

Dengan adanya bantuan bibit sapi dan alat produksi traktor, Perbekel Sarimekar berharap dapat  meningkatkan hasil produksi pertanian dan peternakan guna percepatan penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani.

BACA JUGA | Permendes Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2022

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal. Sejalan dengan itu, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan bahwa urusan pangan menjadi urusan wajib non pelayanan dasar yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan sehingga dapat hidup sehat aktif dan produktif

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image