Profil dan Potensi Desa Sarimekar

29 Januari 2020
Administrator
Dibaca 2.576 Kali
Profil dan Potensi Desa Sarimekar

Profil Desa

Desa Sarimekar merupakan salah satu Desa dari 12 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Provinsi Bali.

Desa Sarimekar terbagi menjadi 3 (tiga) Dusun/Banjar Dinas, yaitu:

  1. Banjar Dinas Delod Margi
  2. Banjar Dinas Dajan Margi
  3. Banjar Dinas Lebah Mantung
peta-dusunPeta Wilayah Banjar Dinas Delod Margi
peta-dusunPeta Wilayah Banjar Dinas Dajan Margi
peta-dusunPeta Wilayah Banjar Dinas Lebah Mantung

Aspek Geografis

Secara geografis Desa Sarimekar terletak pada posisi 8°08'13.7"S LS dan 115°06'55.2" BT, berada di bagian timur wilayah Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Secara topopografis terletak pada ketinggian 52meter diatas permukaan air laut. Kondisi geografis wilayah Desa Sarimekar adalah berupa dataran rendah. Desa Sarimekar memiliki luas wilayah yaitu 232,12 Ha. dengan batas wilayah sebagai berikut:

Selatan  Desa Padangbulia, Kec. Sukasada
Utara Kelurahan Kendran & Kelurahan Banyuning
Timur  Desa Petandakan & Desa Nagasepaha
Barat Kelurahan Sukasada & Kelurahan Liligundi

Aspek Demografi

Jumlah penduduk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Desa Sarimekar menggantungkan sumber kehidupannya pada sektor tenaga kerja bangunan 31,99%, pertanian 1,90%, sektor jasa 2,41% sektor lainnya (pegawai negeri, karyawan swasta, dll) sebesar 22,34%.

Pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa. Tingkat pendidikan di Desa Sarimekar yaitu 11,41% pada usia pendidikan dasar 7 tahun sampai dengan 18 tahun, sebesar 56,77% telah mengikuti pendidikan dasar dan menengah, 13,00% sedang menempuh pendidikan dan sisanya sebesar 4,73% sudah tidak bersekolah lagi.

Aspek Sosial

Kondisi kesehatan masyarakat Desa Sarimekar secara umum dalam kondisi yang relatif baik. Angka kematian bayi dan ibu relatif kecil, dikarenakan kader Posyandu, bidan dan dokter serta tenaga kesehatan secara rutin setiap bulan melakukan kunjungan/pengobatan dan selalu proaktif dan peduli terhadap masalah kesehatan warga. Hal tersebut juga ditunjang dengan adanya Puskesmas Pembantu sehingga masyarakat dapat menggunakan akses kesehatan melalui Puskesmas, dan setiap bulan juga dilaksanakan pantauan kesehatan balita melalui Posyandu yang ada di Desa Sarimekar.

Desa Sarimekar juga mempunyai potensi dalam kegiatan kesenian yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Sarimekar. Jenis kesenian yang berkembang dan menjadi asset Desa antara lain, Sekaa Gong dan Tari Merdangga Ganda Werdaya, Sekaa Gong Remaja Prebawa Abdi Sukerta, Kelompok Tari Srikandi Abdi Pertiwi. Di Desa Sarimekar juga banyak terdapat kelompok-kelompok kesenian yang dikelola secara swadaya oleh masyarkat, antara lain, Sanggar Tari Karya Remaja, Sekaa Arja, Sekaa Joged, Sekaa Angklung, dan kelompok kesenian lainnya. Dalam upaya mengembangkan Adat Istiadat dan Budaya Bali di Desa Sarimekar, juga didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana seperti: Pura Desa, Pura Taman, Pura Dalem Kelod, Pura Dalem Kaje, Pura Manahan, Pura Subak.

Aspek Ekonomi

Berdasarkan indikator kemiskinan, penyebab atau permasalahan yang dihadapi oleh Rumah Tangga Miskin di Desa Sarimekar adalah sebagai berikut:

  1. Status rumah tinggal yang sebagaian besar KK Miskin masih menempati rumah tidak layak huni
  2. Kepemilikan sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus), sebagian KK Miskin belum belum memiliki WC/Jamban yang layak
  3. Kepemilikan sarana air bersih, sebagian KK Miskin belum mendapat pelayanan air bersih yang memadai

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Desa (DTKS) Tahun 2019 Jumlah KK Miskin di Desa Sarimekar adalah mencapai sebesar 391 KK yang tersebar di 3 (tiga) Banjar Dinas.

Potensi Desa

Potensi Desa

Potensi Desa, adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Desa, sebagai modal besar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan Desa.

Jenis-jenis Potensi Desa

Potensi Desa terdiri dari potensi fisik dan potensi non-fisik. Potensi fisik dan non-fisik adalah sebagai berikut:

  1. Sumber Daya Alam, adalah sumber daya alam yang dimiliki desa seperti lahan kosong, sungai, sawah, perkebunan, hutan, pegunungan yang pada saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal
  2. Sumber Daya Manusia, adalah tenaga, kader kesehatan,kader pertanian, dan tersedianya SDM yang memadai ini bisa dilihat dari tabel tingkat pendidikan di atas rata-rata adalah SMP/SMA
  3. Sumber Daya Sosial, adalah banyaknya lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM, Gapoktan, Kelompok Pengajian, Arisan, Kelompok Simpan Pinjam, Posyandu, Karang Taruna, dan lain-lain
  4. Sumber Daya Ekonomi, adalah adanya Lahan-Lahan Pertanian, Perkebunan, maupun Peralatan Kerja Seperti Peternakan, Perikanan

Potensi Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam, adalah sumber daya alam yang dimiliki desa seperti lahan kosong, sungai, sawah, perkebunan, hutan, pegunungan yang pada saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal

Potensi Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia, adalah tenaga, kader kesehatan,kader pertanian, dan tersedianya SDM yang memadai ini bisa dilihat dari tabel tingkat pendidikan di atas rata-rata adalah SMP/SMA.

Potensi Sumber Daya Sosial

Sumber Daya Sosial, adalah banyaknya lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM, Gapoktan, Kelompok Pengajian, Arisan, Kelompok Simpan Pinjam, Posyandu, Karang Taruna, dan lain-lain

Potensi Sumber Daya Ekonomi

Perekonomian yang ada di Desa Sarimekar merupakan aset yang besar bagi pertumbuhan perekonomian penduduk Desa. Selain mayoritas penduduk sebagai petani di Desa Sarimekar tumbuh usaha-usaha lain seperti, warung, toko, home industri dan peternakan. Salah satu indikator ekonomi untuk mengukur hasil pembangunan adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Dari data PDRB dapat dilihat pertumbuhan ekonomi suatu desa dan kontribusi   sektor ekonomi dalam kegiatan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi Desa Sarimekar cukup fluktuatif dengan mengalami kenaikan pada Tahun 2017 ke Tahun 2018, sebesar 1,17%.

No. Uraian Jumlah Ket.
1 Pasar 1 unit  
2 Perbankan 1 unit LPD
3 Pertokoan Modern 2 unit  
4 Warung 53 unit  
5 BUM Desa 1 unit