Kiriman Pembaca

Program 100 Desa Cantik. Desa Cinta Statistik

13 April 2021
Admin
Dibaca 139 Kali
Program 100 Desa Cantik. Desa Cinta Statistik

Pemerintah bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengadakan program Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (DESA CANTIK) pada 2021.

Program tersebut merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPS dengan tujuan untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi seluruh Kementerian atau Lembaga.

Langkah inovasi ini juga merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan Statistik Sektoral sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik. 

Hal tersebut dinilai sangat penting untuk dibangun secara sistematis dan berkelanjutan oleh Kementerian maupun lembaga termasuk Badan Pusat Statistik (BPS). 

Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan selalu menekankan bahwa, birokrasi di Indonesia ke depan harus lincah, sederhana, adaptif, dan inovatif serta mampu bekerja secara efektif dan efisien. 

Terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi tersebut, seluruh Kementerian maupun Lembaga diminta untuk membuat quick wins baik yang bersifat mandatory maupun mandiri.

Kementerian PAN-RB selaku Ketua dalam Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional, mengapresiasi langkah nyata yang telah dilakukan dan terus dikembangkan oleh BPS melalui Program 100 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik)

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image