Profil Desa Sarimekar

01 Mei 2020
Admin
Dibaca 317 Kali

Desa Sarimekar merupakan salah satu Desa dari 12 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Provinsi Bali.

Desa Sarimekar terbagi menjadi 3 (tiga) Dusun/Banjar Dinas, yaitu: 

  1. Banjar Dinas Delod Margi
  2. Banjar Dinas Dajan Margi
  3. Banjar Dinas Lebah Mantung

Desa Sarimekar memiliki luas wilayah yaitu 232,12 Ha, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

Selatan : Desa Padangbulia, Kec. Sukasada
Utara : Kelurahan Kendran & Kelurahan Banyuning
Timur : Desa Petandakan & Desa Nagasepaha
Barat : Kelurahan Sukasada & Kelurahan Liligundi

Aspek Geografis

Secara geografis Desa Sarimekar terletak pada posisi 8°08'13.7"S LS dan 115°06'55.2" BT, berada di bagian timur wilayah Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Secara topopografis terletak pada ketinggian 124meter diatas permukaan air laut. Kondisi geografis wilayah Desa Sarimekar adalah berupa dataran rendah.

Aspek Demografi

Jumlah penduduk Desa Sarimekar, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng berdasarkan Profil Desa Tahun 2019 sebanyak 4.101 jiwa, yang terdiri dari 2.101 laki-laki dan 2.000 perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1.208 KK yang terdiri dari 1.078 KK Laki-laki dan 130 KK Perempuan

Jumlah penduduk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Desa Sarimekar menggantungkan sumber kehidupannya pada sektor tenaga kerja bangunan 31,99%, pertanian 1,90%, sektor jasa 2,41% dan sektor lainnya (pegawai negeri, karyawan swasta, dll) sebesar 22,34%.

Pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa. Tingkat pendidikan di Desa Sarimekar yaitu 11,41% pada usia pendidikan dasar 7 tahun sampai dengan 18 tahun, sebesar 56,77% telah mengikuti pendidikan dasar dan menengah, 13,00% sedang menempuh pendidikan dan sisanya sebesar 4,73% sudah tidak bersekolah lagi.

Aspek Sosial

Kondisi kesehatan masyarakat Desa Sarimekar secara umum dalam kondisi yang relatif baik. Angka kematian bayi dan ibu relatif kecil, dikarenakan kader Posyandu, bidan dan dokter serta tenaga kesehatan secara rutin setiap bulan melakukan kunjungan/pengobatan dan selalu proaktif dan peduli terhadap masalah kesehatan warga. Hal tersebut juga ditunjang dengan adanya Puskesmas Pembantu sehingga masyarakat dapat menggunakan akses kesehatan melalui Puskesmas, dan setiap bulan juga dilaksanakan pantauan kesehatan balita melalui Posyandu yang ada di Desa Sarimekar.

Desa Sarimekar juga mempunyai potensi dalam kegiatan kesenian yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Sarimekar. Jenis kesenian yang berkembang dan menjadi asset Desa antara lain, Sekaa Gong dan Tari Merdangga Ganda Werdaya, Sekaa Gong Remaja Prebawa Abdi Sukerta, Kelompok Tari Srikandi Abdi Pertiwi. Di Desa Sarimekar juga banyak terdapat kelompok-kelompok kesenian yang dikelola secara swadaya oleh masyarkat, antara lain, Sanggar Tari Karya Remaja, Sekaa Arja, Sekaa Joged, Sekaa Angklung, dan kelompok kesenian lainnya. Dalam upaya mengembangkan Adat Istiadat dan Budaya Bali di Desa Sarimekar, juga didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana seperti: Pura Desa, Pura Taman, Pura Dalem Kelod, Pura Dalem Kaje, Pura Manahan, Pura Subak.

Aspek Ekonomi

Berdasarkan indikator kemiskinan, penyebab atau permasalahan yang dihadapi oleh Rumah Tangga Miskin di Desa Sarimekar adalah sebagai berikut:

  1. Status rumah tinggal yang sebagaian besar KK Miskin masih menempati rumah tidak layak huni
  2. Kepemilikan sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus), sebagian KK Miskin belum belum memiliki WC/Jamban yang layak
  3. Kepemilikan sarana air bersih, sebagian KK Miskin belum mendapat pelayanan air bersih yang memadai

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Desa (DTKS) Tahun 2019 Jumlah KK Miskin di Desa Sarimekar adalah mencapai sebesar 391 KK yang tersebar di 3 (tiga) Banjar Dinas.

Perekonomian yang ada di Desa Sarimekar merupakan aset yang besar bagi pertumbuhan perekonomian penduduk Desa. Selain mayoritas penduduk sebagai petani di Desa Sarimekar tumbuh usaha-usaha lain seperti, warung, toko, home industri dan peternakan. Salah satu indikator ekonomi untuk mengukur hasil pembangunan adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Dari data PDRB dapat dilihat pertumbuhan ekonomi suatu desa dan kontribusi   sektor ekonomi dalam kegiatan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi Desa Sarimekar cukup fluktuatif dengan mengalami kenaikan pada Tahun 2017 ke Tahun 2018, sebesar 1,17%.

No. Uraian Jumlah Keterangan
1 Pasar 1 unit  
2 Perbankan 1 unit LPD
3 Pertokoan Modern 2 unit  
4 Warung 53 unit  
5 BUM Desa 1 unit  
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image