Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Regsosek Desa Sarimekar

12 Mei 2023
Administrator
Dibaca 590 Kali
Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal  Regsosek Desa Sarimekar

Sarimekar, Jumat 12 Mei 2023 telah dilaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Regsosek 2023 yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Buleleng bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Sarimekar.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek untuk memastikan kembali tidak ada penduduk setempat yang belum terdata. Melalui tema Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, forum ini akan memperoleh data keluarga yang sudah terverifikasi kelompok kesejahteraannya dan disepakati bersama. Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai pelayanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Materi Kegiatan Forum Konsultasi Publik disampaikan langsung dari Tim BPS yang menekankan agar Pendataan Regsosek yang di lakukan ini, Kelian Banjar Dinas atau Kepala Dusun agar mampu berkoordinasi dan memvalidkan data warganya. Sementara itu terkait tentang Tata cara konsep pengisian data Regsosek, serta pembagian Rilis data sesuai dengan RT dilakukan oleh Fasilitator BPS, Kelian Banjar Dinas agar melakukan verifikasi dan validasi data warganya sesuai keadaan warga secara objektif.

fkp-regsosek-2023-01 

Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan diskusi pengolahan data untuk pemeringkatan tingkat kesejahteraan keluarga yang meliputii:

  1. sangat miskin;
  2. miskin;
  3. rentan miskin, dan;
  4. tidak miskin.

Seperti diketahui, pendataan awal Regsosek telah berlangsung sejak bulan Oktober 2022 untuk mengumpulkan data seluruh masyarakat terkait kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sebagai data tunggal, Satu Data. Dengan adanya data tunggal, pemerintah bisa melaksanakan berbagai program pemerintah secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah sistem pendataan kependudukan yang mencakup profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan penduduk. Data tersebut akan terhubung dengan data pada kementerian atau lembaga, dan juga dengan data pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan. 

Data Regsosek diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan. Regsosek penting untuk segera dilakukan karena masih terbatasnya cakupan data sosial ekonomi penduduk yang ada, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat.

fkp-regsosek-2023-02

fkp-regsosek-2023