Berita Desa

Cegah PMK pada Hewan Ternak, Pemerintah Desa Sarimekar Kawal Vaksinasi Hewan Ternak Sapi

07 September 2022
Administrator
Dibaca 215 Kali
Cegah PMK pada Hewan Ternak, Pemerintah Desa Sarimekar Kawal Vaksinasi Hewan Ternak Sapi

Sarimekar - Dalam upaya pencegahan dan mengantisipasi meluasnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, Pemerintah melalui Dinas Peternakan Kabupaten Buleleng melaksanakan vaksinasi hewan ternak sapi di Desa Sarimekar (06/09/2022). 

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disebabkan oleh virus yang dapat menular melalui airborne, sehingga penyebarannya bisa sangat cepat hingga radius 10 km. Kondisi ini tentunya mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah guna mengantisipasi penyebaran PMK tersebut.

Pemerintah Desa Sarimekar, melalui Kelian Banjar Dinas beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, melakukan pendampingan dan pengawalan pelaksanaan vaksinasi hewan ternak sapi di wilayah Desa Sarimekar yang dilaksanakan oleh tim vaksin PMK dari Dinas Peternakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Adapun informasi terkait jumlah hewan ternak sapi yang sedianya akan dilakukan vaksinasi sesuai jadwal berjumlah 169 ekor, yang terdiri dari :

  1. Banjar Dinas Lebah Mantung 81 ekor,
  2. Banjar Dinas Dajan Margi 27 ekor,
  3. Banjar Dinas Lebah Mantung 81 ekor.

Jumlah hewan ternak tersebut diatas, ada kemungkinan mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dilapangan. 

Dengan vaksin PMK memberikan harapan untuk dapat  mencegah penyebaran penyakit tersebut. Penularan PMK sangat masif, sehingga dengan penyuntikan vaksin diharapkan dapat mencegah penyebarannya.

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image