Berita Desa

Musyawarah Desa Khusus Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa

26 Juni 2021
Admin
Dibaca 122 Kali
Musyawarah Desa Khusus Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa

Sarimekar (25/06/2021). Puji syukur kami panjatkan kehadiran Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan KaruniaNya sehingga selama kurang lebih 1 bulan ini para Pokja Pendataan SDGs Desa Sarimekar telah mampu menyelesaikan pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

Setelah di bentuk, Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa Sarimekar kemudian mengikuti bimbingan teknis dan selanjutnya seluruh tim Pendataan yang terdiri dari unsur Karang Taruna, Perangkat Desa, RT, kader Posyandu dll bekerja keras serta bekerja sama dan terus berkoordinasi dengan para Pendamping Desa juga Pendamping Lokal Desa dan senantiasa membimbing serta memberikan edukasi tentang Pendataan SDGs di Desa Sarimekar.

Hasil pelaksanaan Pendataan SDGs Desa yang dapat kami laporkan terdiri dari Survey Desa, Survey Rumah Tangga, Survey Keluarga dan Survey Individu dengan uraian sebagai berikut:

1. Survey Desa

Jumlah unsur Pemerintah Desa yang telah didata sebanyak 12 Orang, Jumlah unsur BPD yang telah didata sebanyak 5 Orang, serta data : Lokasi Desa, Pemerintahan Desa, Musyawarah Desa, Regulasi, APBDesa, Aset Desa, Layanan, Kerjasama, Lembaga Kemasyarakatan Desa, BUMDesa, Unit Usaha BUMDesa sertaInfrastuktur dan lainnya. 

2. Survey RumahTangga

Jumlah RT/Dusun yang telah didata adalah sebanyak 3 Dusun yaitu Dusun Dajan Margi, Dusun Delod Margi dan Dusun Lebah Mantung, serta data Deskripsi Lokasi, Pengurus RT/RW, Lembaga Ekonomi, Industri, Sarana Ekonomi, Fasilitas Ekonomi, Infrastruktur, Lingkungan, Bencana, Mitigasi Bencana, Sarana Pendidikan, Kesehatan, Kejadian Luar Biasa, Agama/Sosbud, Lembaga Keagamaan, Lembaga Kemasyarakatan, Keamanan, Tindak Kejahatan dan Kegiatan Warga.

3. Survey Keluarga

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 1.103 KK, serta data Diskripsi Lokasi, Akses Pendidikan, Akses Kesehatan, Akses Tenaga Kesehatan, Akses Sarana Prasarana, dan lain-lain.

4. Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 4.103 jiwa, serta data Individu, Pekerjaan, Penghasilan, Kesehatan, Disabilitas dan Pendidikan yang dilakukan dengan metode by Name by Address.

Adapun Masalah dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Pendataan SDGs Desa yaitu lebih kepada Aplikasi SDGs Sering terjadi Error Ketika enumerator hendak mengupload hasil survey, Bagi Admin Desa aplikasi SDGs berbasis web sering terjadi maintenance, sehingga menjadi kendala apabila admin desa ingin melakukan control atau pengecekan progress input SDGs.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dibutuhkan rekomendasi tindaklanjut oleh Pemerintah Desa agar kiranya hasil pendataan ini dapat lebih valid dan terukur serta dilakukan pemutakhiran setiap tahun

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image