Berita Desa

Mari Dukung Pendataan Keluarga 2021 untuk Pemerataan Pembangunan

04 April 2021
Admin
Dibaca 1.134 Kali
Mari Dukung Pendataan Keluarga 2021 untuk Pemerataan Pembangunan

Pendataan Keluarga tahun 2021 yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dilaksanakan pada 1 April – 31 Mei. Pendataan Keluarga dilaksanakan setiap 5 tahun sekali oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan ujung tombak Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana melalui kader-kader pendata terlatih di masing-masing banjar yang ada. Metodenya pun terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan jaman.

Pendataan Keluarga tahun 2021 menggunakan dua metode yaitu metode Paper Based (formulir pendataan) dan smartphone (pendataan online), dimana ini akan membuat data yang diperoleh dari keluarga langsung tersimpan di database PK pusat dan menekan human error dalam Pendataan Keluarga dimana harapannya adalah hasil dari Pendataan Keluarga tahun 2021 ini lebih valid.

Pendataan dilakukan untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga. Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan berdasarkan data yang akurat. Pendataan Keluarga tahun 2021 menghasilkan data mikro keluarga secara by name by address sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan.

https://sarimekar-buleleng.opendesa.id

Pendataan Keluarga tahun 2021 menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana), dan program pembangunan lainnya.

Adapun BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagai amanat UU 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah Nomor 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Bagaimana Pendataan Keluarga 2021 ini bisa berhasil? Ada empat hal yang perlu diperhatikan agar Pendataaan Keluarga berhasil yaitu :

    1. Persiapan yang bagus : diatas sudah saya ceritakan bagaimana persiapan BKKBN dalam menyambut PK 2021 ini dengan bertahap dan matang.
    2. Sumber dana : Tentu saja BKKBN sudah menyiapkan sumber dana secara berjenjang untuk pelaksanaan PK 2021.
    3. SDM yang siap : diatas sudah dijelaskan mengenai pelatihan-pelatihan dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat kader pendata dilengkapi dengan group-group whatsapp untuk kelancaran komunikasi selama pandemi, dan
    4. Dukungan dari masyarakat

Point 4 merupakan hal penting dalam berhasilnya program Pendataan Keluarga 2021. Untuk itu kami mengajak semua keluarga untuk ikut mensukseskan Pendataan Keluarga tahun 2021 dengan menyambut kader pendata di rumahnya masing-masing dan memberikan data yang jujur kepada kader pendata, sehingga data yang didapat menjadi valid.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image