Kiriman Pembaca

Duta Integritas. Membangun Desa Bebas Korupsi

11 April 2021
Admin
Dibaca 118 Kali
Duta Integritas. Membangun Desa Bebas Korupsi

Dalam rangka mewujudkan Pemerintahan Desa yang transparan akuntabel, profesional, terpercaya dan bebas dari tindakan korupsi, KPPN Singaraja bersama dengan BPKPD Kabupaten Buleleng dan Dinas PMD Kabupaten Buleleng mensosialisasikan program Duta Integritas dalam pengelolaan Keuangan Desa.

Duta Integritas adalah Perangkat Desa yang bertugas di bagian Pengelola Keuangan Desa yang ditunjuk untuk mewujudkan Pembangunan Zona Integritas khususnya dalam pengelolaan Dana Desa. Duta Integritas merupakan pelopor bagi warga desa akan pentingnya sadar berintegritas, tentu menjadi promotor penggerak untuk aktif membangun zona integritas dalam hal mengawal penggunaan Dana Desa yang transparan dan tepat sasaran. Dalam hal ini Pemerintah Desa Sarimekar menunjuk Kaur Keuangan Luh Ganti sebagai Duta Integritas.

Pengelolaan Keuangan Desa khususnya Dana Desa di Desa Sarimekar sesuai dengan APBDes tahun 2020 dengan berpedoman pada regulasi atau peraturan perundang - undangan yaitu Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Permendes Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, Peraturan Mentri Keuangan Nomor 40/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa dan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 21 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Dalam penyusunan APB Desa Tahun Anggaran 2020 juga berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2020 (RKPDes) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Tahun 2020 - 2025 (RPJMDes). Hal ini bertujuan agar penggunaan Dana sesuai dengan kebutuhan, bukan atas dasar keinginan pihak - pihak tertentu. Oleh karena Dana Desa adalah dana untuk kesejahteraan masyarakat maka mari bersama gunakan sesuai dengan peruntukkannya dan sama - sama kita awasi.

“BERSAMA MEWUJUDKAN GERAKAN ANTI KORUPSI MENUJU PEMBANGUNAN ZONA INTEGRASI”.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image