Berita Desa

Penyaluran BLT Dana Desa Tahap I Kepada 144 KPM

28 Mei 2020
Operator
Dibaca 1.053 Kali
Penyaluran BLT Dana Desa Tahap I Kepada 144 KPM

Sarimekar (22/05/2020), BLT Dana Desa adalah salah satu bentuk bantuan yang sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Desa Sarimekar di tengah Pandemi Covid19 yang telah melumpuhkan seluruh sektor kehidupan di Dunia. Selain BLT Dana Desa, sudah ada jenis bantuan lain yang sudah diperoleh oleh beberapa keluarga seperti BST Pusat, Sembako Covid 19, PKH dan Rastra. Seperti diketahui bahwa untuk peyaluran BLT Dana Desa diambil maksimal 30 persen dari jumlah dana transfer Dana Desa. Sudah tentu Desa tidak bisa merangkul keseluruhan keluarga yang terdampak Covid 19 mengingat hanya sekian persen yang bisa disalurkan untuk BLT Dana Desa.

Setelah melalui tahapan Musyawarah Desa Khusus Insidentil yang dilenggarakan oleh BPD Desa Sarimekar maka disepakati sebanyak 146 KK yang menjadi target prioritas penyaluran BLT Dana Desa dengan tetap memperhatikan ketentuan Permendesa No.20 Tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Namun terdapat 2 keluarga penerima manfaat yang secara nyata dan "sadar diri" mundur dari daftar keluarga penerima manfaat dengan melampirkan surat pernyataan pengunduran diri dari daftar keluarga penerima manfaat.

Akhirnya, pada hari jumat, 22 Mei 2020 Pemdes Sarimekar telah menyalurkan secara langsung Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap I kepada 144 Keluarga Penerima Manfaat . Proses penyaluran BLT Dana Desa berlangsung dengan tertib dan lancar dan telah disesuaikan dengan protokol kesehatan covid19.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image