Pemerintahan

Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Desa

01 Januari 2020
Admin
Dibaca 111 Kali
SEKRETARIS DESA 
Nama KETUT SUJANA YASA SAPUTRA
Tempat, Tanggal Lahir Sari Mekar, 01 September 1986
Pendidikan Terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) 
Alamat Banjar Dinas Lebah Mantung, Desa Sarimekar
Nomor/Tanggal SK Penetapan 21 Tahun 2018, 02 Oktober 2018
Menjabat Sejak 2018

A. BERDASARKAN PERMENDAGRI 84 TAHUN 2015 TENTANG SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA PEMERINTAH DESA (SOTK).

KEDUDUKAN :

    • berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.

TUGAS :

    • membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan..

FUNGSI :

    • Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
    • Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.  
    • Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya. 
    • Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

B. BERDASARKAN PERMENDAGRI 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA 

KEDUDUKAN :

    • berkedudukan sebagai sebagai koordinator PPKD.

TUGAS :

    • mengoordinasikan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan APB Desa;
    • mengoordinasikan penyusunan rancangan APB Desa dan rancangan perubahan APB Desa;
    • mengoordinasikan penyusunan rancangan peraturan Desa tentang APB Desa, perubahan APB Desa, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa;
    • mengoordinasikan penyusunan rancangan peraturan kepala Desa tentang Penjabaran APB Desa dan Perubahan Penjabaran APB Desa;
    • mengoordinasikan tugas perangkat Desa lain yang menjalankan tugas PPKD;
    • mengoordinasikan penyusunan laporan keuangan Desa dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa;
    • melakukan verifikasi terhadap DPA, DPPA, dan DPAL;
    • melakukan verifikasi terhadap RAK Desa; dan
    • melakukan verifikasi terhadap bukti penerimaan
      dan pengeluaran APB Desa.
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image